you're reading...
Informasi

Perbaikan tv sharp sistem protec

Berikut ini saya akan berikan beberapa tips perbaikan tv sharp. Misalnya TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakannya

1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.

2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.

3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.

4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter.

5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.7V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.

6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan. R 33 ohms untuk tegangan 40v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C -/+ 1n5 atau 2n2 dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.

7. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.

8. Suara Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891 pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.

9. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah. demikian semoga bermanfaat

Saya baru saja menemukan kerusakan aneh pada tv SHARP 14S20D2.

(Menggunakan IC IX 245 wjn4)
Kerusakannya kalau tombol menu/preset di teken tv nya jadi mati protect.tau kan beda nya protec sama kerusakan mati stby? Kalau protect tv  tidak bisa di onkan lewat remote/tombol ch+ atau ch- ,tapi kalau mati stby bisa di on kan dari tombol ch atau dari remote.

1.Problem kalau di tekan tombol menu/preset tv jadi mati protect
Penyebab pin protect pin63 ic ix 245 tidak terhubung ke rangkaian protect.
solusi hubungkan pin 63 ke rangkaian protec bila terputus.
2. Problem tdk ada warna /hitam putih
penyebab ic ix 245 kualitas solder nya kurang bagus .
solusi lepas dulu ic chips ix 245 lalu bersihkan pcb nya dengan tiner terlebih dahulu ,lalu pasang kembali ic ix 245 nya kembali

SHARP  X-PRESION

image

Skema diatas adalah skema TV SHARP yang menggunakan IC M61262 DAN IC PROG IX226.Banyak dijumpai kerusakan pada TR601 2PD601AR transistor chip .Gejalanya tv tidak mau start .tapi lampu stby nya nyala ,begitu dihidupkan B+ untuk ic program (micro control unit –reg )pin30 ic M61262 mengalami drop ,sehingga tvnya tdk mau nyala. Solusinya cek tr chip TR601 ATAU langsung ganti saja.

SHARP  MS series

TV ini menggunakan pasililitas child lock cara bukanya pake nomor 0000 atau 2398

Download schematic tv

Diskusi

49 pemikiran pada “Perbaikan tv sharp sistem protec

  1. kalo sistem protek pada sharp wonder apakah sistemnya sm dengan yg terjadi pd sharp universe?
    mohn pencerahannya bos!!!!!

    Posted by Andriansyah Permana | 22 Juli 2011, 08:08
  2. Tv sharp sy hidup, ada rester tp cma garis mendatar. Transkoper bunyinya aneh, lampu indikator merah. Knapa ya???? Pusing sy…..

    Posted by Anonymous | 23 Juli 2011, 11:57
  3. cara copy ic eprom shrap

    Posted by dwiasaanto | 24 Juli 2011, 18:35
  4. Setuju dgn smua apa yang ada di pembritahuan
    tapi slama ini aku krja ngak ada hambatan atau rintagan kerusakan tv sharp itu smua di karnakan aku selalu krja mengunakan afometer yg baik.
    Tapi aku sagat brtrima kasih atas pemberitahuan ini di karnakan aku mendapat ilmu Yg bnyak.thaks sharp.
    Saya meminta kpada agen sharp agar lbih meningkatkan tecnologi yg lbih cangih agar sya mndpatkan ilmu yg lbih bnyak.trma kasih sharp.

    Posted by Hendra | 24 September 2011, 02:35
  5. slm skses ,,,, mf bleh numpang nanya,,,klo tv sharp gambarnya garis horizontal warna biru,penyakitnya apa yah,,trims

    Posted by Anonymous | 10 Oktober 2011, 01:14
  6. Bos

    Posted by Anonymous | 23 November 2011, 12:37
  7. Saya punya tv sharp wonder 14 inci,waktu dihidupkan ada garis horizontal lalu protek ic vertikal baru. Tlg penjelasanya

    Posted by Edye sukasuka | 9 Desember 2011, 19:03
  8. hi gan…
    Mau tnya ne gan…
    Aq pny sharp 20v20…
    Problem ny saat tv d nylakn tv seakan mau hdup indikator wrna hjau trus mti hjau lg trus mti lg gmbr g smpt kluar…
    Dan relay brdtak2…
    Tp saat bka ic vrtkal gmbr kluar gris hrizntal…tp g lma mti lg hdup lg…
    Mhon bntuan ny

    Posted by asep | 11 Desember 2011, 01:45
  9. MAS SAYA MO TANYA UNTUK TV SHARP 20V20 IC STRG….TERBAKAR TERKENA PETIR JADI HILANG NOMER KOMPONEN IC TERSEBUT, KIRA2 MAS TAU BERAPA TYPE IC TERSEBUT..? TRIMS

    Posted by HADI | 15 Desember 2011, 11:53
  10. MAAF MASTER APA MAKSUD NYA INI…(Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0).

    Posted by ihtiardi | 9 Januari 2012, 21:59
  11. Assalamu’alaikum
    Mohon maaf sebelumnya,saya mau tanya masalah kerusakan-kerusakan tv, saya menemukan tv sharp c-14H0 A ,kalau tv dihidupkan cuma ada cahaya pada sudut sudut layar tv, dan tv tidak mau hidup ternyata flybak yg tidak bekerja ,tolong bantuannya trimakasih unvk jawabannya,assalamu’alaikum

    Posted by Murjani88 | 19 Januari 2012, 14:07
  12. hemmm mas saya menemukan tv SHARP yang bila saya hidupkan ad gambr nya selang beberapa detik dia akn stindbay n dg warna merah yg brkdip2,,, n byar gak sprti itu byasanya d ganjel pake kain bawah na ,,, saya menduga adalah TUNER nya ,, apakh benar

    Posted by Anonymous | 21 Februari 2012, 18:55
  13. slm knal bos.
    Ane mw tnya tv ane dhdupn g ad gambr hanya ad suara normal. Merek tv ane LG cenimaster mhon bntuan’a trma kash

    Posted by danny | 23 Februari 2012, 17:36
  14. Saya mau nanya guru, saya dapat problem tv sharp dgn ic program ix 226,tdk mau start lampu stby nyala berdenyut dan kalau mau start tahu2 mati total. Mhn bntuan trima kasih.

    Posted by Fransiscus lope | 25 Februari 2012, 01:04
  15. mau nanya nih tv sharp copny dah da teganganya tp kok tabungy gk nyala, pdhl tr horison msh hdp

    Posted by Anonymous | 27 Februari 2012, 17:41
  16. masukan yg sangt brmmpaat skali, trims semuanya jga kpd guru sniorku

    Posted by adi suwarno | 19 Maret 2012, 14:43
  17. salam semuanya.. senang sekali bisa menemukan site yang sangat berguna ini… saya punya problem sharp wonder 14r20d2 awalnya protec dengan LED menyala merah-hijau 2detik-merah lagi… pusat protec saya lepas tv bisa nyala tapi gelap hanya OSD yang terlihat suara juga tidak keluar… utak atik sampe pusing belum juga ketemu problemnya,,,,,, tolong para senior,guru,master membantu saya… sebelumnya saya ucapkan terimakasih… eko.gubug

    Posted by eko sasongko w | 19 April 2012, 02:26
  18. Salam kenal dan sukses! Saya punya problem tv digitec sumo lama, stelah gnti fbt koq warna ga muncul saat contrast n brigt pd level normal. Mohon bntuan.

    Posted by Anonymous | 24 April 2012, 23:20
  19. Salam kenal aku yanto solo. Minta bantuanya. Saya punya serVISAN tv sharp ic 938xx. Keluan led merah kedip2 ganti efron/reset masih sama saja.

    Posted by Anonymous | 26 April 2012, 21:52
  20. Tv saya protec gimana caranya

    Posted by Anonymous | 10 Mei 2012, 12:39
  21. Tv shap univese protec

    Posted by Asmadi | 10 Mei 2012, 13:04
  22. Para master numpang tanya.tv sharp aku ada mslah lampu indikatornya kedip2.padal aku sdah ganti str w6556.tetep tdk ada prubahan.tlong pencerahan dari para master.

    Posted by Anonymous | 22 Mei 2012, 15:57
  23. kedipnya berapa kali bos?

    Posted by Anonymous | 31 Mei 2012, 21:00
  24. Dimana alamat serfis peebaikan radio tape ?

    Posted by Ydin | 15 Juni 2012, 14:00
  25. maaf, boleh numpang tanya, kalo mw cari skema tv sharp 51af20ms di mana ya?

    Posted by roy | 16 Juni 2012, 21:57
  26. ASIK KETEMU

    Posted by Anonymous | 20 Juni 2012, 22:31
  27. mantap brow!!!

    Posted by iyut | 29 Juni 2012, 05:37
  28. oke mantap bro.

    ane ad kluhan ne bro mnitor merk LG, dbagian flyback ad suara nyiiit kira2 flyback’a yg rusak atau ap y bro. skrng kndisi mntor ane mati hanya indikator hdp. mhon bntuan bro

    Posted by danny | 29 Juni 2012, 08:00
  29. cek aja flyback.y pake ohmmeter X10k/x100k: antara kop & GND, kolo nyimpang brarti short fbt.y

    Posted by Site | 29 Juni 2012, 08:42
  30. tv sharp protec gmn benrinnya???

    Posted by Ripin Bengkeng | 1 Juli 2012, 15:05
  31. mkasih bos atas info nya.maga bnyk manfaatnya.

    Posted by joko | 21 Agustus 2012, 07:24
  32. Master…tv sharp wonder 14w20,,,ada garis RBG,,sy ganti R 33ohm,sy cek tegangan per kaki ic vertikalnya sdh sesuai,kok msh grs RBG,,apanya ya master?mhn penjelasannya..
    Trm ksh.

    Posted by Yogi | 16 September 2012, 21:03
  33. saya punya tv merek sharp model lcd
    tapi tombol pawer yang di remut dan tv terkunci saya mo tx gimana caranya membuka kembali tombol pawer tersebut agar bisa terbuka?

    Posted by anto | 21 September 2012, 16:13
  34. Tv ane tdk bisa on jika udah di off kan, kadang bisa on tapi setelah di stnby susah on lg STR udah di ganti tapi tetap aja.Kasih solusi gan ane dah bosen servis trus
    ane tunggu solusinya atau ke 08778209199

    Posted by Rastam | 16 November 2012, 21:50
  35. Tv ane tdk bisa on jika udah di off kan, kadang bisa on tapi setelah di stnby susah on lg STR udah di ganti tapi tetap aja.Kasih solusi gan ane dah bosen servis trus
    ane tunggu solusinya atau ke 08778209199.

    Posted by Rastam | 16 November 2012, 21:52
  36. emang nya str w6753 atau str w6754 bisa lemah juga ya mas….?
    sol nya saya lg megalami kerusakan yag sama yg pernah mas alami ne…!

    Posted by Anonymous | 3 Desember 2012, 18:58
  37. mas mau tanya saya punya pasien tv sharp fine crystal 14” mati total led jg mati tr reg bagus cuma tdk ada teganga mhn pencerahannya mas trims sblmnya

    Posted by Anonymous | 19 Desember 2012, 13:12
  38. boss”””

    numpang tanya nich………..aku ada garapn tv sharp 14 u 25
    gejalanya :lw dinyalakn led hijaunya nyala sktr 3dtk langsung merah lagi

    moha bantuannya bosss……..mksh

    Posted by Anonymous | 24 Desember 2012, 01:20
  39. Saya mau tanya,tv sharp fine crystal.protek tgngn dr fbt tdk ada..lampu led merah hdup jka di tkan power let merah hdup brubah jd bru..mhn solus nya?

    Posted by Iwan | 9 Februari 2013, 01:46
  40. Mhn pncerahn,pada dioda zener 5v dan zener yg ada pada heter yg tletak dket fbt yg menyebabkn protek..dioda tersebut di tuliskan pada pcb yaitu D brpa? Td saya baca pada perbaikn protek sharp di cara 4 di atas.dg ictda9381 mesin DUNTK9988WZtrma ksh

    Posted by Iwan | 9 Februari 2013, 11:31
  41. bos ane ada kerusakan sharp universe 20u25 garis horisontal.Ic vertikal dah ganti mash sama suplay ke blog vert ok cmn vert ot nya cuman ada teg 5v itupun besar sebelah

    Posted by ipong | 26 Maret 2013, 19:54
  42. kalo tv yg cina ic 1 cma mncul 1 gmbar ja
    gmna,,,,?

    Posted by rudy | 14 Mei 2013, 00:39
  43. Assalamualaikum…
    Master2…
    Mau tanya tv sharp gak bisa star..?

    Posted by Andi Tuba | 23 Mei 2013, 18:42
  44. Tv rusak setmby mrk sharp apa nya yg harus d ganti bgiyan mana yg hrus d preksa bos

    Posted by nama burjo srpis tv dllg | 1 Juli 2013, 11:12
  45. bos .sharp alexander gagal star.mohon pencerahan y master.trims

    Posted by iduy | 15 Juli 2013, 23:31
  46. om ana punya tv sharp universel R nya jalur setrum vertial dri playbhek angus trus, minta tlong apanya om? blz trim.

    Posted by zafra | 1 Oktober 2013, 09:12
  47. tv sharp no aisi M61262 di hidupin star flyback juga nembak tapi beberapa detik langsung protek, tolong bos?

    Posted by toni susanto jkt | 5 Oktober 2013, 17:07
  48. boz saya mau nanya,sya pnya tv sharp wonder model 51w200.problem tv on led hijau trus tv nyala kra” 3 dtik led jd mrah kedip.tlog bntuanya boz

    Posted by Anonymous | 24 November 2013, 17:30
  49. Tv sharp fine crystal rusak tombol2nya gak fungsi n diremote juga g fungsi kira2 apanya yach

    Posted by Riyadh | 24 Januari 2014, 17:51

Tinggalkan Balasan

Anda Pengunjung ke

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 466 pengikut lainnya.

